REPRESENTASI NILAI SIRI’ NA PACCE PERTUNJUKAN TEATER RAKYAT KONDOBULENG SANGGAR SENI TRADISIONAL I LOLO GADING PAROPO

Asia Ramli, Andi Taslim Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pertunjukan teater rakyat
Kondobuleng representasi nilai siri’ na pacce (harga diri dan kehormatan). Metode penelitian
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Pertunjukan Teater
Rakyat Kondobuleng (PTRK) merupakan salah satu karya seni kolektif yang di dalamnya memuat
beragam unsur seni yang saling terkait antar satu dengan yang lain, tokoh/karakter, pemeranan,
dialog, kostum, rias, properti, tari atau gerak, musik, dan lagu. Penelitian ini menguraikan
fenomena pertunjukan dengan menggunakan salah satu teori dari John Fiske yang membaca
realitas seni dengan berfokus pada representasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahapan analisis data diolah dengan
bentuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan
representasi nilai siri’ na pacce yang berhubungan dengan sosiokultural masyarakat pesisir
Bugis-Makassar meliputi mempertahankan diri dan kehormatan, memegang teguh pendirian,
menumbuhkan kerja gotong royong, menanamkan sifat tolong menolong, menumbuhkan etos
kerja, menempatkan seseorang dengan keahliannya, mengambil keputusan secara arif dan
bijaksana, serta menjunjung tinggi rasa kesetiakawanan. Nilai yang disampaikan termuat pada
adegan dari pertunjukan teater rakyat Kondobuleng.
Kata kunci: Pertunjukan, Teater, Representasi, Nilai siri’ na pacce.

References


Burhan, K. (2022). Kearifan Lokal Orang Bugis-Makassar dalam Upaya Mitigasi Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Kota Makassar. Jurnal Ilmu Budaya. 10(1): 110-121.

Fiske, J. (1987). Television Culture, London: Methuen & Co. Ltd.

Mattulada. (1995). Latoa, Suatu Lukisan Analitis Terhadap Antropologi Politik Orang Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.

Pinontoan, N,A. (2020). Representasi Patriotisme Pada Film Soegija (Analisis Semiotika John Fiske). Avant Garde Jurnal Ilmu Komunikasi. 8(2): 191-206.

Rahim, R. (1992). Nilai-nilai Utama Kebudayaan Bugis. Makassar: Hasanuddin University Press.

Ramli, A. (2020). Nilai-Nilai Budaya Makassar dalam Karakter Tokoh Pertunjukan Teater the Eyes of Marege. Nuansa Journal of Arts and Design. 4(2): 47-58.

Ramli, A. (2022). Representasi Fungsi Nilai Kemanusiaan Sebagai Dasar Pendidikan Karakter dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng. Jurnal Publikasi Pendidikan. 12 (3): 271-278.

Rohidi, R. T. (2011). Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Saputra, T., Murtana, N. 2019. Peristiwa Teater Tu(m)buh sebagai Konstruksi Politik Tubuh. Panggung: Jurnal Seni Budaya. 29(2): 102-115.

Syakhruni., dkk. (2022). Tari Pepe-Pepeka Ri Makka Sanggar Tari Paroki Makassar: Analisis Perubahan Bentuk dan Fungsi. Panggung: Jurnal Seni Budaya. 32(4): 421-435.

Syamsunardi. (2022). Internalisasi Budaya Siri’ na Pacce dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Lageografia. 20(2): 260-269.

Yulianti, N, K, D., Marhaeni, N, K, S. (2021). Analisis Nilai Estetika Pertunjukan Wayang Kulit Cenk Blonk Dalam Lakon “Tidak Cukup Hanya Cinta”. Panggung: Jurnal Seni Budaya. 31(2): 239-249.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v33i4.2904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021