Kajian Ciri dan Motif Batik Jombangan: Studi Kasus Jombang Kota Santri
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3558Keywords:
Batik Motif, Jombangan, The City SantriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ciri motif batik Jombangan tahun 2000-2009 dan tahun 2010-2022 serta mengetahui cirinya dimana Jombang sebagai kota Santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pedekatan triangulasi. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, FGD, literatur, dan pratik langsung. Hasil penelitian yaitu: visual batik Jombangan tahun 2000-2009 menggunakan motif Candi Arimbi. Tahun 2010-2022 menggunakan motif Ringin Contong. Adapun yang mencirikan Jombang Kota Santri belum ditemukan. Selain itu, diketahui bahwa ciri batik Jombangan dipengaruhi oleh faktor politik, ….. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para UKM Batik Jombang dan para pembaca serta peneliti lainnya. penelitian ini hanya fokus pada ciri-ciri motifnya, bagi peneliti lain dipersilahkan untuk mengembangkan penelitian ini. Kata Kunci: Motif batik; Jombangan; Kota Santri
References
Amaris Trixie, A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Journal of Design and Creative Industry, 1(1), 1–9. https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380/1148
Anshori, I. (2021). Dianggap Tak Layak Pakai, PJU dan Box Asmaul Husna di Jombang Dibongkar. Timeindonesia.Co.Id. https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/349858/dianggap-tak-layak-pakai-pju-dan-box-asmaul-husna-di-jombang-dibongkar
Area, G. (2016). Batik nJombangan Sekar Jati : Pencipta Corak Relief Candi Rimbi dan Ringin Conthong Tower. Jombang City Guide. http://jombangcityguide.blogspot.com/2015/07/batik-njombangan-corak-relief-candi.html
Area, G. (2019). Mencoba Membaca Relief Candi Arimbi. Jombang City Guide. http://jombangcityguide.blogspot.com/2020/07/mencoba-membaca-relief-candi-arimbi.html
Bramantijo, M Junaidi Hidayat, Karsam, M. (2017). Pengembangan Desain Motif Cocohan dan Desain Kemasan Pada Batik Gedhog Tuban sebagai Upaya Revitalisasi dan Meningkatkan Daya Saing Produk UKM. 6th International Seminar on Nusantara Heritage, ISBN 978-6. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Budianto, E. E. (2022). Ringin Contong, Bangunan Peninggalan Belanda di Jombang. Detikjatim. https://www.detik.com/jatim/budaya/d-6096290/ringin-contong-bangunan-peninggalan-belanda-di-jombang
Djajasudarma, T. F. (2016). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. PT. Eresco.
Dyahwati, W. (2020). Transformasi Candi Rimbi Dalam Motif Batik Sebagai Pendahuluan merupakan hal alamiah yang dimilikinya ( Darbellay & Moody , 2017 ; James & Sternberg , 2010 ). Manusia menggunakan kemampuan alamiah mereka untuk berbagai macam kebutuhan , salah satunya kebu. 4(1), 120–140.
Elda Franzia, Yasraf Amir Piliang, A. I. S. (2016). Visualisasi Identitas Islam Dalam Komunitas Virtual Palanta Urang Awak Minangkabau (pp. 167–177).
Evita, Y. N., Trihartono, A., & Prabhawati, A. (2022). Pengakuan UNESCO Atas Batik Sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 21(2), 113. https://doi.org/10.37849/midi.v21i2.260
Fadelia. (2018). No Title. Kompas. https://roboguru.ruangguru.com/forum/pengakuan-batik-sebagai-warisan-budaya-dunia-dari-indonesia-oleh-unesco-akan-berakhir_Frm-Guzxcmcl
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. PT. Bumi Aksara.
Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State Journal of International Studies, 1(1), 61–90. https://doi.org/10.24076/nsjis.2018v1i1.90
Hidayat, N. (2017). Taman ASEAN di Jombang Diresmikan. https://nusantara.medcom.id/jawa-timur/peristiwa/xkEryX9K-taman-asean-di-jombang-diresmikan
Indriawati, T. (2022). Mengapa Jombang Disebut Kota Santri? Kompas.Com. https://www.kompas.com/stori/read/2022/07/07/150000879/mengapa-jombang-disebut-kota-santri?page=all
Jombangnews. (2016). Batik asli Jombang “Tower Ringin Contong” Makin Populer. Jombangnews. http://jombangnews.blogspot.com/2016/01/batik-asli-jombang-tower-ringin-contong.html
Karsam. (2016). Sejarah Batik Jombangan. Http://Jawatimuran.Disperpusip.Jatimprov.Go.Id/. http://jawatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id/2016/10/30/sejarah-batik-jombang/
Karsam. (2019). Batik Dari Masa Keraton Hingga Revolusi Industri 4.0.
Karsam. (2022). Baking Soda as A Fixation of Remasol is an Effective Method for Colouring Batik to Be Combined eith Other Types of Colours. 1(1), 37–44. https://doi.org/10.19907/jcepd.2022.xxx
Kartika, N., Dienaputra, R. D., Machdalena, S., & Nugraha, A. (2020). Batik Pasiran: Wujud Kearifan Lokal Batik Kampung Pasir Garut. Panggung, 30(4), 495–510. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1368
Kholis, Achamad Nur, Setyo Budi, D. N. (2023). Motif batik jombangan sebagai media edukasi dalam penguatan. 4(2), 24–36.
Kholis, A. N., Budi, S., & Nurcahyanti, D. (2023a). Kajian Estetik Batik Jombangan Motif Jula-Juli sebagai Petuah Kehidupan dalam Bermasyarakat. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.33153/acy.v15i1.5062
Kholis, A. N., Budi, S., & Nurcahyanti, D. (2023b). Pengkajian Nilai Estetik Batik Jombangan Motif Arimbi. 7.
Machdalena, S., Dienaputra, R. D., Suryadimulya, A. S., Nugraha, A., Kartika, N., & Yuliawati, S. (2023). Motif Batik Ciwaringin Sebagai Identitas Budaya Lokal Cirebon. Panggung, 33(1), 72. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.2476
Mufidah, S. N., & Angge, I. C. (2022). Penerapan Ragam Hias Ringin Contong Sebagai Hiasan Dinding Oleh Siswa Kelas VII SMP Ainul Ulum Mojoagung. Jurnal Seni Rupa, 10(4), 29–41. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va
Mustain, M. (2018). Islamic Center dan Peran Kekuasaan dalam Konstruksi Identitas Islam di Lombok. Jurnal Penelitian, 12(2), 287. https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4075
Pertiwi, A., & Mulyono. (2021). Penggunaan Bahasa Di Ruang Publik Kota Jombang Sebagai Kota Santri (Kajian Linguistik Lanskap). Jurnal Public Knowledge Project (PKP); Penelitian Non-Profit, 8(3), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/40215
Ramadhian, N. (2020). Alasan Batik Indonesia Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/10/05/174000427/alasan-batik-indonesia-diakui-unesco-sebagai-warisan-budaya-dunia?page=all
Ramli, M. (2019). Istiqomah Angkat Batik Jombang dengan Motif Kota Santri. Timeindonesia.Co.Id.
Rosilawati, R., Suparli, L., & Suherti, O. (2023). Relevansi Ide, Konsep Dan Bentuk Dalam Proses Kreatif Karya Tari ‘Gandrung Liwung’ Inspirasi Merak. Panggung, 33(1), 41. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.2475
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. CV Budi Utama.
Sakinah, A. L., Sidyawati, L., & Ratnawati, I. (2022). Kreasi Motif Batik Dengan Teknik Printing Khas Jombangan Dari Inspirasi Topeng Jatiduwur. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 7(1), 59. https://doi.org/10.17977/um037v7i12022p59-73
Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.
Syafií, M. (2022). Hari Jadi Pemkab Jombang, Bupati Luncurkan Busana Khas Bernama Jombang Deles. Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/21/222418178/hari-jadi-pemkab-jombang-bupati-luncurkan-busana-khas-bernama-jombang-deles?page=all.
Ulum, S. (2021). Ikon Kota Adalah Representasi Budaya. Warta Bromo. https://www.wartabromo.com/2021/04/03/ikon-kota-adalah-representasi-budaya/
Uyun, Z. Q. (2020). Ikonisasi Pakaian ‘Islami’: Bentuk Komunikasi Non Verbal Di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 4(1), 35. https://doi.org/10.31958/jsk.v4i1.1487
Wibowo, N. M., Karsam, K., Widiastuti, Y., & ... (2019). … Berbasis Kearifan Lokal Upaya Membangun Brand Image Batik Jombang [Empowerment Of Batik Smes Through Development Of Local Wisdom Based Motif Design …. Sinergi: Jurnal Ilmiah …, 4(1), 1–10. http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/854/
Widiana, M. E. (2020). Batik Standardization as Batik Artisan Empowerment Model For Marketing Process. European Journal of Business and Management, 12(27), 44–54. https://doi.org/10.7176/ejbm/12-27-05
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Karsam Karsam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.