Reog Bulkiyo Dance Learning to Increase Student Patriotism Values in Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Doko Blitar Regency

Ayu Ridho Saraswati, Tati Narawati

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Kesundaanyaitucageur, bageur, bener, pinter, singer yang telah luput dari kehidupan siswa. Terkikisnya nilai-nilai budaya lokal menimbulkan permasalahan, yaitu degradasi karakter yang dipengaruhi oleh lemahnya etika dan estetika.Penelitian ini terdiri atas dua tahapan, yaitu mengkaji tari dengan menggunakan Teori Etnokoreologi yang dibantu dengan pendekatan Etnopedagogik dan Folklor, serta implementasi pembelajaran dengan menggunakan Teori Lickona dan Gardner. Hasil kajian tari memperoleh nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai cageur, bageur, bener, pinter, tur singer yang kemudian diimplementasikan melalui sebuah pembelajaran tari etnis yaitu Tari Pakujajar dengan menggunakan model pembelajaran sinektik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan proses yang telah dilakukan, terjadi peningkatan yang signifikan yang dibuktikan dengan meningkatnya daya imajinasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan sikap siswa yang peduli serta saling menghormati baik pada guru maupun antar sesamanya. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan model pembelajaran tari etnis.


Kata Kunci :Nilai-nilai Kesundaan, Tari Pakujajar, Implementasi Pembelajaran Tari

 

ABSTRACT


This research aims to inculcate the Kesundaan’s values that is cageur, bageur, bener, pinter,singer that have been disappeased from life of students. The erosion of local cultural values creates problems, as well as character degradation that influenced by the weakness of ethics and aesthetics. This research consist of two steps, that is review the dance by using Etnochooreology Theory with Etnopedagogy approach and Folklore, while the implementation of dance learning using Lickona and Gardner Theory. The results of dance studies obtain the values contained inside it, with pertains to cageur, bageur, bener, pinter, tur singer and these values are implemented through an ethnic dance learning that is Pakujajar Dance by using sinektik learning model. This research uses Action Research method with qualitative approach. Based on the process that have been done, there is a significant increase that is shown by the increasing the imagination power and understanding of studentsto the subject matter, and student’s attitudes who care and mutual respect both of teachers and each other. Thus, this research produces the ethnic dance learning model.

Keyword : Kesundaan’s Values, Pakujajar Dance, Implementation of Dance Learning


Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Irman. (2016). Soekaboemi The Untold Story: Kisah dibalik Sejarah Sukabumi. Jakarta: Mer C Publishing dan Paguyuban Soekaboemi Heritages.

Masunah, Juju, dkk. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Seni Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus.Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudaryat, Yayat. (2015). Wawasan Kesundaan.Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukardi, H.M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan Ke-3.

Wibowo, Agus dan Gunawan.(2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cetakan Ke-1.

Yusuf, Syamsu. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: Remaja Rosdakarya. Cetakan Ke-10.

Armstrong, Thomas. (2013). Kecerdasan Multipel di dalam Kelas.Diterjemahkan oleh: Widya Prabaningrum, Dyah. Jakarta: Permata Puri Media. Edisi Ke-3.

Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Diterjemahkan oleh: Wamaungo, Juma Abdu. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Kun Setyaning, dkk. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Seni Nusantara.Proceeding Seminar Seni Budaya Antar Bangsa.1. Hlm. 89-97.

Narawati, Tati. (2013). Etnokoreologi: Pengkajian Tari Etnis & Kegunaannya Dalam Pendidikan Seni. Proceeding of the International Seminar on Languages and Arts.(2). Hlm. 70-74.

Narawati, Tati. (2013). Transformasi Nilai Budaya Sunda dalam Tari Keurseus: Dulu, Kini, dan Nanti. Makalah Konferensi Internasisonal Budaya Sunda (KIBS). Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i3.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021