Tari Kele: Sebuah Gagasan Kreatif Neng Peking
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3561Keywords:
Kreasi Baru, Kreativitas, Neng Peking, Tari KeleAbstract
ABSTRAK
Tari Kele merupakan karya tari kreasi baru dari Kabupaten Ciamis yang diciptakan oleh Neng Peking pada tahun 2006 di Studio Titik Dua. Tarian ini merupakan tarian baru yang memuat nilai-nilai tentang fenomena budaya dari Upacara Adat Nyangku. Keunikan dari Tari ini yaitu menggunakan properti kele yang disimpan di atas kepala (disuhun) dan koreografinya dilakukan sambil menjinjit dengan memegang daun hanjuang. Hal tersebut menjadi daya tarik untuk diteliti lebih dalam dengan tujuan untuk mengetahui kreativitas Neng Peking dalam menciptakan Tari Kele. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Rhodes mengenai 4P yaitu (person, process, press, product) dengan menggunakan metode kualitatif dalam prosedur pengumpulan datanya dilakukan melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Neng Peking sebagai pribadi kreatif (person) dengan adanya pendorong internal dan eksternal (press) untuk melakukan sebuah proses kreatif (process) yang cukup panjang dapat menghasilkan produk kreatif (product) yaitu Tari Kele yang berkualitas. Kata Kunci: Tari Kele, Kreasi Baru, Kreativitas, Neng Peking
References
Amizah, Farah. (2015). Seni Tari Kontemporer. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Kusminingsih, Endri. 2011. Koreografi Tari Katalu dalam Mata Kuliah Pergelaran Tari 2010. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Munandar, Utami, S.C. (2002). Kreativitas dan Keterbakatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Iswatiningsih, Daroe. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah. Malang: Sawitka Universitas Muhammadiyah Malang.
Langer, Suzzane K. (2006). Problems of Art (Problematika Seni). Terjemahan F.X Widaryanto. Bandung: Sunan Ambu Press.
Liani, Lilis. (2002). Nilai-nilai Keislaman dalam tradisi Seni Gembyung di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 19(1). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Munandar, Utami. (2014). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rezza, Fahmi. (2017). Fungsi dan Mitos Upacara Adat Nyangku di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Ciamis: Vidya Mandiri.
Rosilawati, Riyana dan Ocoh Suherti. (2022). Kreativitas Muhammad Aim Salim dalam Penataan Tari Badaya Gaya Setia Luyu. Jurnal Panggung, 32 (1), 30-46.
Rosmiati, Ana dan Indy Rafia. (2021). Bentuk Tata Ruang Pentas Panggung Proscerium di Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta. Jurnal Ekspresi Seni. Surakarta: ISI Surakarta.
Rusdi. (2018). Implementasi Teori Kreativitas Graham Wallas dalam Sekolah Kepenulisan di Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy’ari Cabeyan Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Rusliana, Iyus. (2016). Tari Wayang: Khas Priangan Studi Kepenarian Tari Wayang. Bandung: STSI Bandung.
Rusliana, Iyus. (2012). Tari Wayang. Bandung: STSI Bandung.
Rhodes, M. 1961. “An Analysis of Creativity”. The Phi Delta Kappan.
Subayono. (2018). Bekal Menjadi Koreografer. Jurnal Makalangan, 5(2). Bandung: ISBI Bandung.
Sulistin, Murtisa. (2020). Kreativitas Ela Mujtiara dalam Tari Kanya. Jurnal Ilmu Budaya 17(1). Yogyakarta: ISI Yogyakarta.
Sumaryono & Suanda, Endo. (2006). Tari Tontonan. Jakarta: Kanti Sekretariatan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.
Sumiati, Lilis. (2021). Kreativitas Tari Yudhawiyata. Jurnal Panggung, 30 (1), 143-162.
Sulastuti, Katarina Indah. (2017). Tari Bedhaya Ela – Ela Karya Agus Tasman Representasi Rasa Budaya Jawa. Desertasi. Surakarta: UGM Yogyakarta.
Suparno, Paul. (2004). Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisus.
Widaryanto. F.X. (2009). Koreografi. Bandung: Jurusan Tari STSI.
Priyanto, Wien Pudji. (2004). Diktat Kuliah Tata Teknik Pentas. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Az-zahra Khairunnisa, Lilis Sumiati, Farah Nurul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.