Penciptaan Batik Tulis Berbasis Ornamen Dan Rumah Adat Batak, Melayu dan Nias
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v35i1.3692Keywords:
Batik Tulis, Ornamen, Rumah AdatAbstract
Minat masyarakat Indonesia terhadap pelestarian budaya peninggalan masa lampau sangatlah minim, sebab masyarakat beranggapan peninggalan budaya masa lampau sebagai sejarah. Padahal, peninggalan budaya masa lampau dapat dihidupkan kembali dengan mengolaborasikannya dalam ornamen rumah adat yang dikemas dalam elemen digital visual salah satunya yang ada di Sumatera Utara dengan batik tulis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan batik tulis berbasis ornamen dan rumah adat Batak, Melayu, dan Nias yang dikemas dalam elemen digital visual serta penelitian ini menerapkan metode penciptaan dengan fokus kepada praktik karya seni dengan ciri dan ketentuannya. Penelitian ini menghasilkan karya batik tulis sebanyak 14 buah karya, dengan 7 karya batik tulis untuk laki-laki dan 7 karya batik gardigan untuk wanita yang kesemuanya mengacu pada elemen ornamen dan rumah adat Batak, Nias, dan Melayu yang ada di Sumatera Utara. Penelitian ini berkontribusi besar dalam upaya melestarikan budaya yang dikolaborasikan dalam seni dan elemen digital visual.
References
Arsetyasmoro, D. (2022). Pengembangan Desain Asesoris Interior Dengan Metode Atumics di Sentra Batik Kayu Krebet Bantul, Yogyakarta. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Desain Interior, 10(2), 59-72.
Atmojo, W.T. (2011). Cenderamata Berbasis Seni Etnis Batak.Panggung: 21(3), 329-339.
Atmojo (2013). Penciptaan Batik Melayu sSumatera Utara. Panggung: 23(1), 90-97
Atmojo, dkk (2023). Budaya & Kepariwisataan Sumatera Utara. Medan: FBS Unimed Press.
Gustami (1980). Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta:ASRI.
Hadi, S. (1982). Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Hardiman. (2018). Dialek Visual Perbincangan Seni Rupa Bali dan yang lainnya. Depok: Rajawali Pers.
Hendriyana, Husen. 2018, Metodologi Penelitian Penciptaan Karya: Seni Kriya & Desain Produk Non Manufaktur, Bandung: Sunan Ambu Press.
Hidayahtullah, M. C. (2023). Desain Batik Gunung Gede Pangrango untuk Cendera Mata Wisata Alam Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (Vol. 5, No. 1, pp. 03-1).
Kholis, A. N., Budi, S., & Nurcahyanti, D. (2023). Jombangan Batik Motifs As Contemporary Art Expressions Based On Local Wisdom. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (Vol. 5, No. 1, pp. 01-1).
Machdalena, S., Dienaputra, R. D., Suryadimulya, A. S., Nugraha, A., Kartika, N., & Yuliawati, S. (2023). Motif Batik Ciwaringin Sebagai Identitas Budaya Lokal Cirebon. Panggung, 33(1), 72-87.
Maharani, S. A., Suartika, G. A. M., & Saputra, K. A. (2021). Transformasi Elemen Rancang Bangunan Tradisional dalam Tampilan Arsitektur Bangunan Kekinian. SPACE, 8(1).
Masiswo, M., Haerudin, A., & Murti, R. S. (2023). Perkembangan Motif dan Produk Batik di Desa Wukirsari Kabupaten Bantul (Industri Batik Pasca Gempa Bumi 2006). In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (Vol. 5, No. 1, 11-19).
Pane, R. N., & Sihotang, M. A. I. (2022, February). Etnomatematika Pada Rumah Bolon Batak Toba. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, 384-390).
Penting, T., Panggung, O. A. I., & Guide, M. (2023). Analisis Makna Figuratif dan Pergeseran Fungsi Andung Tangis Ni Tao Toba dalam Upaya Melestarikan Tradisi Andung Batak Toba.
Ratna, T. I. (2024). TUTUR BUMI: WASTRA TUU BATU DAN SAUDAN PADA KARYA ART FASHION. Panggung, 34(4), 565-580.
Ratuannisa, T., Tresnadi, C., Nurfitriyana, A., Kahdar, K., & Pratiwi, A. N. (2024). Color Scheme Test of Color Mapping in Batang Batik Design. Panggung, 34(4), 516-531.
Rezeki, S., & Fatria, F. (2021). Analisis Makna Uhir/Ornamen Simalungun dan Penerapannya Terhadap Masyarakat Simalungun. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(3), 186-194.
Sahriati, S. (2019). Kemampuan Imajinasi Kreatif Dalam Berkarya Seni Lukis Mixed Media Mahasiswa Kelas A Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Fakultas Seni dan Desain).
Saragi, D. (2017). Jenis Motif & Nilai Filosofis Elemen Estetis Rumah Adat Batak Melayu dan Nias Sumatera Utara. Yogyakarta: Thafa Media.
Sipahelut, Petrus, S. (1999). Dasar-dasar Desain. Jakarta: Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sirait, B. (1980). Pengumpulan dan Dokumentasi Elemen Estetis Rumah Adat Batak Melayu dan Nias di Sumatera Utara. Laporan Daetah Tingkat I Provinsi Sumatera Utara).
Soesanto, S. (1984). Seni dan Kerajinan Batik. Jakarta: Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sterberg, R.J. Todd, I.L. (1999). The Concept of Creativity: Prospects and Paradigsm. New York: Cambridge University Press.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, F., & Amir, S. (2023). Representasi Tato Dayak Kenyah dalam Desain Seni Batik. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (Vol. 5, No. 1, 04-1).
Tim Penyusun Kamus. (1993). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wirasanti, N., & Mahirta, M. (2024). Menelisik Tanda Nitik pada Batik. Panggung, 34 (4), 599-613.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Tri Atmojo, Misgiya, Sriwiratma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.