Pelestarian Budaya Jawa: Inovasi dalam Bentuk Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.1752Abstract
References
Agustina, Prima M. Damanik, Janianton. Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2018. ”Pemertahanan Warisan Budaya Wayang Wong Gaya Yogyakarta dan Komodifikasinya Untuk Atraksi Wisata di Kota Yogyakarta” dalam Jurnal METAHUMANIORA,Vol 8 No. 1. diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. hal 67-78
Anoegrajekti. N, Macaryus . S, Asrumi, M. Zamroni, Latif Bustami, A., Izzah, Latifatul., Wirawan, R. (2021). “Ritual Sebagai Ekosistem Budaya: Inovasi Pertunjukan Berbasis Ekonomi Kreatif”. Panggung. Jurnal Seni Budaya, Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi, vol. 31, No.1, Maret 2021, Penerbit ISBI, Bandung. Hal.53-73.
Azhari, Deasy Mutiara. (2015) “Eksistensi Wayang Orang (Studi Deskriptif Eksistensi Kelompok Wayang Orang Sriwedari Surakarta, di Surakarta)” dalam Jurnal AntroUnairdotNet, Vol Iv, No 2. Penerbit: Universitas Airlangga. Hal. 175-185.
Bergfors, M. E., & Larsson, A. (2009) “Product and process innovation in process industry a new innovation perspective on development. Journal of Strategy and Management”, 2(3), 261-276. doi: 10.1108/17554250910982499
Damono, Supardi Djoko. (2011). Mengapa Ksatria Memerlukan Punakawan. Tesis pada Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta.
Emerson, Kathryn Anne. (2015) .Pembaharuan Wayang untuk Penonton Terkini: Gaya Pakeliran Garap Semalam Sajian Dramatik Ki Purbo Asmoro 1989 -2017. Terj. Wikan Satriati dan Rudy Wiratama. Surakarta: ISI Press
Hersapandi. (2013). Fenomena Penari Rol : Wayang orang Komersial dalam Perspektif Strukturalisme Fungsional. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Hersapandi (2012). Rusman antara Magnit Bung Karno dan Kharisma Gathutkaca Wayang orang Sriwedari. Yogyakarta :Lembaga Penelitian Pengembangan Seni dan Pariwisata Indonesia (LP2SPI) Yogyakarta.
Kusharynani, Mahaesidewi, dkk. (2016). ”Eksistensi dan Perlindungan Wayang Wong Sriwedari Surakarta Ditinjau dari Aspek Hukum Hak Cipta” dalam Jurnal Law Reform Vol. 12 No.1 tahun 2016. Penerbit: Program Studi Magister
Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Hal.60-72.
Nugrahani, Rah Utami dan Nuraeni (2015). “Transformasi Nilai Pertunjukan Wayang Orang Tradisional dalam Opera Van Java di Setasiun Televisi Trans 7” dalam Panggung ,Jurnal Seni Budaya, Kontribusi Seni dalam Masyarakat, Vol. 25. No.1 Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Hal.60-72.
Piliang Amir, Yasraf. Ruly Darmawan. (2014). “Kreativitas Desain Kuliner dan Sistem Inovasi Lokal”dalam Jurnal Seni Budaya Panggung. Identitas dalam Bingkai Seni. Vol 24. No. 3 Penerbit ; ISBI Bandung. Hal. 285-294.
Ruastiti, Ni Made. Sudirga, I Komang. Yudarta, I. Gede. (2021) “Catur Guru dalam Seni Pertunjukan Wayang Wong Millenial”. Dalam MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 36, Nomor 3, Penerbit: ISI Denpasar. Hal. 334-341.
Soedarsono, R.M. ( 1984). Wayang Wong : The State Ritual Drama in Court of Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Solichin. (2012). Wayang Indonesia: A Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Jakarta: Yayasan Senawangi.
Solichin. (2013). Gatra Wayang Indonesia. Jakarta: CV Dedy Jaya
Sudarwanto, Agung. (2012). “ Sanggit dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Lakon Banjaran Dasamuka Sajian Purbo Asmoro “dalam Jurnal Panggung Volume 7 No.3 Juli. Hal 478-503.
Susilo, Hardja. (1984). “Wayang Wong Panggung : Its Social Context, Technigue, and Music”dalam In Aestetic Tradition and Cultural Tradition in Java and Bali. Ed. Stephanie Morgan and Laurie J. Sears, 117 -161. Madison: University of Wisconsin Center for Southeast Asian Studies.
Suyanto. (2013). “ Pertunjukan Wayang sebagai Salah Satu Bentuk Ruang Mediasi Pendidikan Budi Pekerti” dalam Jurnal Panggung .Vol.23. N0.1 Maret. Hal 98-108.
Wahyudi, Septian. (2019) ”Teori Inovasi: Sebuah Kajian Pustaka” dalam Jurnal Valuta, Vol. 5 No.2 Oktober. ISSN No. 2502 1419. Hal 93-101.
Waluyo, Kanti. (2000). Dunia Wayang: Nilai Estetis, Sakralitas, dan Ajaran Hidup. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyastutieningrum, Sri Rochana. (2009). “Pengembangan Wayang orang Sriwedari sebagai Pertunjukan Kemasan Wisata di Solo. Makalah Seminar di Institut Seni Indonesia Surakarta pada 20 Agustus.
Widyastutieningrum, Sri Rocahana. (2018) “Reviving Wayang orang Sriwedari in Surakarta : Tourism-Oriented Performance “dalam Asian Theatre Journal. Volume 35 Number 1 Spring 2018. Hal 99 -111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.