Pelestarian Budaya Jawa: Inovasi dalam Bentuk Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari

Sri Rochana Widyastitieningrum, Een Herdiani

Abstract


Artikel ini membahas tentang inovasi bentuk pertunjukan wayang orang sriwedari di Surakarta.
Inovasi pertunjukan wayang orang dilakukan agar tetap bertahan pada masa pandemi covid-19
yang dihadapi masyarakat. Inovasi sebagai hasil kreativitas dari para seniman muda pemain
wayang orang sriwedari berupaya menghasilkan pertunjukan wayang orang yang menarik dan
padat serta dapat diapresiasi masyarakat, khususnya generasi muda. Penelitian ini bersifat
kualitatif, dengan pendekatan etnokoreologi dan dramaturgi. Metode pengumpulan data
dengan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi
bentuk pertunjukan wayang orang dilakukan dengan cara menggarap aspek-aspek bentuk
pertunjukan yang meliputi garap lakon atau cerita, alur dramatik, garap adegan, garap tokohtokoh, garap gerak tari, garap karawitan tari, tata rias, tata busana, tata panggung, tata cahaya,
dan tata suara. Inovasi dilakukan oleh sutradara, pemain, pengrawit, dan pendukung lainnya.
Inovasi dilakukan dengan mengutamakan capaian nilai estetik. Inovasi menghasilkan bentuk
pertunjukan wayang orang lebih padat, atraktif, dinamis, dan menarik, serta durasi waktu
pertunjukan semakin singkat, yaitu 2 jam. Hal itu berpengaruh pada pertunjukan wayang
orang sriwedari bersifat kekinian dan eksis, serta diapresiasi oleh masyarakat luas, terutama
Surakarta.

Kata kunci: inovasi, pertunjukan, wayang orang, Sriwedari.

References


Agustina, Prima M. Damanik, Janianton. Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2018. ”Pemertahanan Warisan Budaya Wayang Wong Gaya Yogyakarta dan Komodifikasinya Untuk Atraksi Wisata di Kota Yogyakarta” dalam Jurnal METAHUMANIORA,Vol 8 No. 1. diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. hal 67-78

Anoegrajekti. N, Macaryus . S, Asrumi, M. Zamroni, Latif Bustami, A., Izzah, Latifatul., Wirawan, R. (2021). “Ritual Sebagai Ekosistem Budaya: Inovasi Pertunjukan Berbasis Ekonomi Kreatif”. Panggung. Jurnal Seni Budaya, Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi, vol. 31, No.1, Maret 2021, Penerbit ISBI, Bandung. Hal.53-73.

Azhari, Deasy Mutiara. (2015) “Eksistensi Wayang Orang (Studi Deskriptif Eksistensi Kelompok Wayang Orang Sriwedari Surakarta, di Surakarta)” dalam Jurnal AntroUnairdotNet, Vol Iv, No 2. Penerbit: Universitas Airlangga. Hal. 175-185.

Bergfors, M. E., & Larsson, A. (2009) “Product and process innovation in process industry a new innovation perspective on development. Journal of Strategy and Management”, 2(3), 261-276. doi: 10.1108/17554250910982499

Damono, Supardi Djoko. (2011). Mengapa Ksatria Memerlukan Punakawan. Tesis pada Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta.

Emerson, Kathryn Anne. (2015) .Pembaharuan Wayang untuk Penonton Terkini: Gaya Pakeliran Garap Semalam Sajian Dramatik Ki Purbo Asmoro 1989 -2017. Terj. Wikan Satriati dan Rudy Wiratama. Surakarta: ISI Press

Hersapandi. (2013). Fenomena Penari Rol : Wayang orang Komersial dalam Perspektif Strukturalisme Fungsional. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Hersapandi (2012). Rusman antara Magnit Bung Karno dan Kharisma Gathutkaca Wayang orang Sriwedari. Yogyakarta :Lembaga Penelitian Pengembangan Seni dan Pariwisata Indonesia (LP2SPI) Yogyakarta.

Kusharynani, Mahaesidewi, dkk. (2016). ”Eksistensi dan Perlindungan Wayang Wong Sriwedari Surakarta Ditinjau dari Aspek Hukum Hak Cipta” dalam Jurnal Law Reform Vol. 12 No.1 tahun 2016. Penerbit: Program Studi Magister

Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Hal.60-72.

Nugrahani, Rah Utami dan Nuraeni (2015). “Transformasi Nilai Pertunjukan Wayang Orang Tradisional dalam Opera Van Java di Setasiun Televisi Trans 7” dalam Panggung ,Jurnal Seni Budaya, Kontribusi Seni dalam Masyarakat, Vol. 25. No.1 Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Hal.60-72.

Piliang Amir, Yasraf. Ruly Darmawan. (2014). “Kreativitas Desain Kuliner dan Sistem Inovasi Lokal”dalam Jurnal Seni Budaya Panggung. Identitas dalam Bingkai Seni. Vol 24. No. 3 Penerbit ; ISBI Bandung. Hal. 285-294.

Ruastiti, Ni Made. Sudirga, I Komang. Yudarta, I. Gede. (2021) “Catur Guru dalam Seni Pertunjukan Wayang Wong Millenial”. Dalam MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 36, Nomor 3, Penerbit: ISI Denpasar. Hal. 334-341.

Soedarsono, R.M. ( 1984). Wayang Wong : The State Ritual Drama in Court of Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Solichin. (2012). Wayang Indonesia: A Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Jakarta: Yayasan Senawangi.

Solichin. (2013). Gatra Wayang Indonesia. Jakarta: CV Dedy Jaya

Sudarwanto, Agung. (2012). “ Sanggit dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Lakon Banjaran Dasamuka Sajian Purbo Asmoro “dalam Jurnal Panggung Volume 7 No.3 Juli. Hal 478-503.

Susilo, Hardja. (1984). “Wayang Wong Panggung : Its Social Context, Technigue, and Music”dalam In Aestetic Tradition and Cultural Tradition in Java and Bali. Ed. Stephanie Morgan and Laurie J. Sears, 117 -161. Madison: University of Wisconsin Center for Southeast Asian Studies.

Suyanto. (2013). “ Pertunjukan Wayang sebagai Salah Satu Bentuk Ruang Mediasi Pendidikan Budi Pekerti” dalam Jurnal Panggung .Vol.23. N0.1 Maret. Hal 98-108.

Wahyudi, Septian. (2019) ”Teori Inovasi: Sebuah Kajian Pustaka” dalam Jurnal Valuta, Vol. 5 No.2 Oktober. ISSN No. 2502 1419. Hal 93-101.

Waluyo, Kanti. (2000). Dunia Wayang: Nilai Estetis, Sakralitas, dan Ajaran Hidup. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyastutieningrum, Sri Rochana. (2009). “Pengembangan Wayang orang Sriwedari sebagai Pertunjukan Kemasan Wisata di Solo. Makalah Seminar di Institut Seni Indonesia Surakarta pada 20 Agustus.

Widyastutieningrum, Sri Rocahana. (2018) “Reviving Wayang orang Sriwedari in Surakarta : Tourism-Oriented Performance “dalam Asian Theatre Journal. Volume 35 Number 1 Spring 2018. Hal 99 -111.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v33i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021