Representasi Perempuan Indonesia Melalui Artikel Mode Pada Majalah Femina

Ariani Warhani, Setiawan Sabana, Ira Ardianti

Abstract


Abstrak

Majalah merupakan salah satu bentuk media massa telah lahir sejak lama sebagai sarana media informasi dan alat pendidikan bagi masyarakat. Bagi perempuan, informasi dapat diperoleh salah satunya melalui majalah wanita.Majalah Femina adalah salah satu majalah wanita pertama di Indonesia sehingga memiliki pembaca dari beberapa generasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis visual artikel mode dengan menggunakan analisis semiotika dari awal majalah Femina terbit tahun 1974 hingga 2015 untuk melihat elemen visual dan tanda sebagai representasi perempuan Indonesia melalui artikel mode. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan diakronik dengan pemaparan secara deskriptif melalui studi literature pengumpulan artikel mode.Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika diakronik dengan analisis semiotika.Penelitian ini fokus untuk mendapatkan representasi citra perempuan di Indonesia dengan melalui elemen-elemen visual yang terdapat pada artikel mode, sehingga mengetahuicitra melalui pemahaman mendalam tentang situasi sosial budaya perempuan di Indonesia.

Kata Kunci: perempuan, mode, majalah, visual, semiotika.


ABSTRACT
Magazine is one of mass media that have been born since a long time as a means of information and educational tools for the community. Information can be obtained for women from women’s magazine. Femina magazine is one of the first magazines in Indonesia that have readers from several generations. The aim of this study was to see the visual elements and the sign as representation of Indonesia women from Femina magazine’s visual article mode using semiotic analysis during 1974 to 2015. The method used in this study is a qualitative method diachronic approach with descriptive exposure through the study literature mode article Femina magazine. This research is going to appearance at the representation of the image of women in Indonesia with through visual elements contained in article mode. Thus the visual mode produces an image through a deep understanding of the social and cultural situation of women in Indonesia.

Key words: women, mode, magazine, visual, semiotic


Full Text:

PDF

References


Aquarini Priyatna, Prabasmoro

Becoming White : Representasi Ras, Kelas, Feminitas dan Globalitas dalam Iklan Sabun, Yogyakarta : Jalasutra.

Biagi, Shirley

Media/Impact: Pengantar Media Massa (diterjemahkan dari

buku asli Media/Impact: An Introduction to Mass Media). Jakarta: Salemba

Humanika

Cavallaro, Dani

Critical and Cultural Theory: Teori Kritis dan Teori Budaya, terj. Laily Rahmawati, Yogyakarta : Penerbit Niagara.

Giddens, Anthony

Konsekuensi-konsekuensi Modernitas, terj. Nurhadi, Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Fiske, John

Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif, terj. Yosal Iriantara dan Idi Subandy Ibrahim, Cetakan IV, Yogyakarta : Jalasutra.

Kris, Budiman

Semiotika Visual, Yogyakarta : Buku Baik.

Irmayanti, Meliono dan Budianto.

Ideologi Budaya, Jakarta: Yayasan Kota Kita

Mitchell, W.J.T.,

Picture Theory : Essays on Verbal and Visual Representation, Chicago : The University of Chicago Press.

Septiawan, Santana

Jurnalisme Kontemporer, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Stuart, Hal.

“TheWorkofRepresentation.”Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. Ed. Stuart Hall. London: Sage Publication.

Wedari, Kusumaning Linda

”Dampak Peran Ganda Perempuan Karier dalam Keluarga”, makalah dalam Seminar Nasional Potret Perempuan Indonesia Abad XXI, Surabaya : Universitas Kristen Petra.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i4.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021