Penciptaan Wayang Beber Kontemporer Sang Jendral dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v35i1.3753Keywords:
Metode Kreativitas, Pendidikan Karakter, Sudirman, Wayang Beber KontemporerAbstract
Generasi sekarang kurang mengenal nama pahlawan, kecuali sebagai nama universitas, jalan, bandara. Mereka lebih mengenal film animasi, drama Korea. Untuk itu, peneliti tertarik mengalihwahanakan perjuangan Jendral Sudirman yang religius dan patriotik ke format wayang beber kontemporer. Tujuannya adalah menciptakan wayang beber kontemporer bersumber dari perjuangan Sudirman, memperkenalkan pendidikan karakter dari perjuangan Sudirman, dan menciptakan video pembelajaran bagi siswa kelas VI SD. SD. Penelitian ini menggunakan teori alih wahana. Metode penciptaan menggunakan metode kreativitas dari Graham Wallas yang mencakup preparation, incubation, illumination, verification. Hasil penelitian ini berupa pertunjukan (video) paduan wayang beber dengan monolog, yakni durasi 30 menit, menggunakan Bahasa Indonesia, mengandung nilai nilai pendidikan karakter, tata cahaya dan panggung dibuat menarik, ilustrasi musik modern dan menggunakan sound effect, narator seorang aktor teater, lukisan wayang beber berwarna terdiri tiga gulungan, dan tiap gulungan berisi enam adegan. Penelitian ini berkontribusi dalam menghasilkan model mengalihwahanakan peristiwa sejarah ke wayang beber kontemporer.
References
Adhiyatna, A. R. (2021). Tradisi Pertunjukan Wayang Beber Sebagai Wujud Nadzar Masyarakat Di Dusun Karangtalun Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Budaya Nusantara, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol5.no1.a3789
Aditya, R., Adam, P., Agus, E., Oemar, B., Rupa, J. S., Bahasa, F., & Seni, D. (2021). Pengembangan Video Menggambar Ilustrasi Pada Media Wayang Beber Di Smp Negeri 51 Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(3), 263–277. http://journal.unesa.ac.id/index.php/va
Ahmadi, Y. (2020). WAYANG BEBER REMENG MANGUNJAYA DI GELARAN, GUNUNGKIDUL DALAM KAJIAN HERMENEUTIKA. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni; Vol 18, No 1 (2020): IMAJI APRILDO - 10.21831/imaji.v18i1.31644 . http://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/31644
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6 SE-Articles), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2). https://doi.org/10.30596/ijems.v1i2.4590
Aorta, D. T., Adi, B. T. S., Sukmana, O., & Soedarwo, V. S. D. (2024). Peningkatan Kepedulian Generasi Muda terhadap Budaya Wayang Beber Pacitan. Madaniya, 5(3 SE-Artikel), 1151–1161. https://doi.org/10.53696/27214834.899
Ardiansyah, N., Chanafiah, Y., & Canrhas, A. (2020). ALIH WAHANA NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO KE FILM HBJ KARYA RENI NURCAHYO HESTU SAPUTRA KAJIAN EKRANISASI. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3 SE-Articles), 333–338. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13163
Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, G. (2022). Peradaban Patriotisme dan Nasionalisme; Generasi Muda sebagai Landasan Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3 SE-Articles), 62–72. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.306
Azizah, A., Rizal, R., Yudtika, A., & Sitepu, M. (2022). Teacher Creativity Relationship with Interest Students Learning at SD Inpres Lolu During Pandemic. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2 SE-Articles). https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2232
Elam, K. (2002). The Semiotics of Theatre and Drama (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203426074
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1 SE-Articles), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Fischer-Lichte, E. (1992). The Semiotics of Theater (J. Gaines & D. L. Jones (penerj.)). Indiana University Press.
Husnah, D. H., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF LEARNING MEDIA ON MI STUDENTS ’ INTEREST IN LEARNING IN TANJUNG PURA. 11(3), 507–516.
Irwandi, I., Saraswati, A., & Dewi, E. K. (2024). Penciptaan Produk Eksklusif Melalui Aplikasi Material dan Tekstur Pada Karya Fotograf. Panggung, 34(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v34i2.3514
Ismurdyahwati, I., & Retnani Srinarwati, D. (2024). Wayang Kulit ‘Gara-Gara’ Pergelaran Bayangan: Materi Pendidikan Karakter Melalui Cara Baca Bahasa Rupa. Panggung, 34(4), 551–564. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i4.3575
Jufridar, A. (2015). 693 Km Jejak Gerilya Sudirman: Sebuah Novel. Noura Books.
Kumalasiwi, P. (2023). Analisis sikap mandiri dalam proses pembelajaran tema 4 hidup bersih dan sehat kelas II SD N Gajahmungkur 04. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 455–460. https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17344
Lestariawan, R. A., & Mintana, H. H. (2023). Pembuatan Karya Film Pendek “Tersesat” Menggunakan Teknik Penyutradaraan Dengan Gaya Realis. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 23–41.
Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Digitalisasi Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 17–29. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i1.62
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1293
Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK WATAK KUAT-POSITIF. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1 SE-), 429–437. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6811
Margana. (2014). Wayang Beber Sebagai Materi Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 156–164.
Mutiah, D. (2015, Februari 18). Sejarah Cheng Ho Pada Sehelai Kain. Media Indonesia.com. https://mediaindonesia.com/humaniora/624/sejarah-cheng-ho-pada-sehelai-kain
Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). PEMBELAJARAN DRAMA MONOLOG DENGAN CERITA LEGENDA DANAU TOBA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SD INPRES TUBUHU’E, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(1), 79–89. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i1.1715
Nur Rizky, J. H. F., Putri A, M., Umami, M., Zaimatussa’diyah, & Zulfikar, M. F. (2024). KONSEP ALIH WAHANA CERPEN KE NASKAH DRAMA: KAJIAN PUSTAKA. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2 SE-Articles), 157–170. https://doi.org/10.30739/peneroka.v4i2.2978
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Nurhasanah, E. (2022). Kajian Alih Wahana Cerita “Kedai Kopi Odyssey” Karya Leopold A. Surya Indrawan menjadi Naskah Drama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 175–194. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.355
Nurhayati, D. A. W. (2022). Pendampingan Pelestarian Kearifan Lokal Reog Kendang: Upaya Pendidikan Karakter dan Ketrampilan Seni pada Siswa Sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo Tulungagung. JESS: JURNAL EDUCATION SOCIAL SCIENCE, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21274/jess.v1i1.5353
Octavia, M., Dewi, R., & Musik, J. P. (2022). Penggarapan Ulang Ilustrasi Musik Film “Jendela” Karya Randi Pratama. 23(1), 51–61. https://youtu.be/SNR3XEZx
Prabandari, A. S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1 SE-Articles), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.586
Prasetya, H. B., Haryanto, H., Intarti, R. D., Putra, I. K. N., & Ignaningratu, F. (2023). Wayang Beber Priangan: Alih Wahana Cerita Lutung Kasarung ke dalam Wayang Beber. Panggung, 33(1 SE-Articles), 14–27. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.2473
Prasetya, S. S. A. (2020). MildSpot 2020. https://www.mldspot.com/inspiring-communities/wayang-beber-metropolitan- tanggap-wayang-secara-kekinian
Rahardjo, F. R. S. (2022). Pertunjukan Wayang Beber Kontemporer untuk Anak-Anak Kader Pusaka Indonesia Gemah Ripah, Jakarta - Banten. Journal of Community Services: Sustainability & Empowerment, 03(01), 6–17. https://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JCSSE/article/view/345
Rahmawati, N. S., & Trihantoyo, S. (2021). Strategi Humas dalam meningkatkan pemasaran sekolah menengah kejuruan dimasa pandemi covid-19 melalui network marketing. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 532–550. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39901/34795
Renaldy, R. A. (2022). PEMERANAN TOKOH TRISNO DALAM PERTUNJUKAN NASKAH TITIK-TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN. Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 1(01), 29–40. https://doi.org/10.22437/jpps.v1i01.20934
Riantiarno, N. (2011). Kitab Teater Tanya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Gramedia Widyasarana Indonesia.
Rizal, R. (2021). PERAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PERANG GRILIYA (Studi Historis Masa Agresi Militer Belanda II Tahun 1948-1949 Di Jawa Tengah). Danadyaksa Historica, 1(1), 12. https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3593
Rosmawati, I. (2022). MENGKAJI FEMINISME DALAM NASKAH DRAMA MONOLOG DONGENG MARSINAH KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 15–22. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.80
Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di SD. Eduscience Journal, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89
Sahid, N. (2017). Sosiologi Teater; Teori dan Penerapannya,. Gigih Pustaka Mandiri.
Sahid, N. (2019). Semiotika Untuk Teater, Tari, Wayang Purwa dan Film. Pustaka Pelajar.
Sahid, N., & Junaedi, J. (2022). The Relevance Of The Meaning Of Four Children’s Dramas Based On Nusantara Dongeng Stories For The Current Generation. Mudra Jurnal Seni Budaya, 37(1 SE-Articles), 13–23. https://doi.org/10.31091/mudra.v37i1.1685
Sahid, N., Nalan, A. S., Yudiaryani, Iswantara, N., Junaidi, & Fernando, H. (2024). Meanings behind community resistance in the play Leng and their cultural relevance: a theater-semiotics analysis. Cogent Arts & Humanities, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2373568
Sahid, N., Sukistono, D., & Arisona, N. (2024). Alih Wahana Peristiwa Perjuangan Jendral Sudirman Ke Format Pertunjukan Wayang Beber Kontemporer Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa SD. Penelitian Skema Terapan Dibiayai Direktorat Riset Tekonologoi dan Pengabdian Pemasyarakat, Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.
Sandria, A., Asy’ari, H., & Siti Fatimah, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9
Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849
Sari, D. U., Haidar, I., & Indrawati, W. O. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Lingkaran Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1450
Soemanto, B. (2002). Godot di Amerika dan Indonesia, Suatu Studi Banding. Grasindo.
Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android . Teknomatika, 9(02 SE-Articles). https://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/467
Tika, A. R. (2023). Mengakar pada Budi: Kreativitas Aka Bodi Theatre di Kota Medan. Jurnal Prabung Seni Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan, 02(01), 1–9.
Westi, V. (2015). Jendral Sudirman.
Wu, G. (2011). Komik Pahlawan Indonesia - Jenderal Sudirman 1916-1950. Widya Buana Buku.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nur Sahid, Dewanto Sukistono, Nanang Arisona, Purwanto Lephen, Surya Farid Sathotho, J. Catur Wibono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.