Penciptaan Wayang Beber Kontemporer Sang Jendral dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter

Authors

  • Nur Sahid Institut Seni Indonesia yogyakarta, Indonesia
  • Dewanto Sukistono institut seni Indinesia Yogyakarta, Indonesia
  • Nanang Arisona Institut Seni Indonesia Yogyakarta , Indonesia
  • Purwanto Lephen Institut Seni Indonesia Yogyakarta , Indonesia
  • Surya Farid Sathotho Institut Seni Indonesia Yogyakarta , Indonesia
  • J. Catur Wibono Institut Seni Indonesia Yogyakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v35i1.3753

Keywords:

Metode Kreativitas, Pendidikan Karakter, Sudirman, Wayang Beber Kontemporer

Abstract

Generasi sekarang kurang mengenal nama pahlawan, kecuali sebagai nama  universitas, jalan, bandara. Mereka lebih mengenal film animasi, drama Korea.  Untuk itu,  peneliti tertarik mengalihwahanakan perjuangan  Jendral Sudirman yang  religius dan  patriotik ke format wayang beber kontemporer. Tujuannya adalah menciptakan wayang beber kontemporer bersumber dari perjuangan Sudirman,  memperkenalkan  pendidikan karakter dari perjuangan Sudirman, dan  menciptakan video pembelajaran bagi siswa kelas VI  SD.  SD.   Penelitian ini menggunakan teori alih wahana. Metode penciptaan menggunakan metode kreativitas  dari Graham Wallas yang mencakup preparation, incubation, illumination, verification.  Hasil penelitian ini berupa pertunjukan (video) paduan wayang beber dengan  monolog, yakni durasi 30 menit, menggunakan Bahasa Indonesia, mengandung nilai nilai pendidikan karakter, tata cahaya dan panggung dibuat menarik, ilustrasi musik  modern dan menggunakan sound effect, narator seorang aktor teater, lukisan wayang  beber berwarna terdiri tiga gulungan, dan tiap gulungan berisi enam adegan.  Penelitian ini berkontribusi dalam menghasilkan model  mengalihwahanakan peristiwa sejarah ke  wayang beber kontemporer.

References

Adhiyatna, A. R. (2021). Tradisi Pertunjukan Wayang Beber Sebagai Wujud Nadzar Masyarakat Di Dusun Karangtalun Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Budaya Nusantara, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol5.no1.a3789

Aditya, R., Adam, P., Agus, E., Oemar, B., Rupa, J. S., Bahasa, F., & Seni, D. (2021). Pengembangan Video Menggambar Ilustrasi Pada Media Wayang Beber Di Smp Negeri 51 Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(3), 263–277. http://journal.unesa.ac.id/index.php/va

Ahmadi, Y. (2020). WAYANG BEBER REMENG MANGUNJAYA DI GELARAN, GUNUNGKIDUL DALAM KAJIAN HERMENEUTIKA. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni; Vol 18, No 1 (2020): IMAJI APRILDO - 10.21831/imaji.v18i1.31644 . http://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/31644

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6 SE-Articles), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2). https://doi.org/10.30596/ijems.v1i2.4590

Aorta, D. T., Adi, B. T. S., Sukmana, O., & Soedarwo, V. S. D. (2024). Peningkatan Kepedulian Generasi Muda terhadap Budaya Wayang Beber Pacitan. Madaniya, 5(3 SE-Artikel), 1151–1161. https://doi.org/10.53696/27214834.899

Ardiansyah, N., Chanafiah, Y., & Canrhas, A. (2020). ALIH WAHANA NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO KE FILM HBJ KARYA RENI NURCAHYO HESTU SAPUTRA KAJIAN EKRANISASI. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3 SE-Articles), 333–338. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13163

Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, G. (2022). Peradaban Patriotisme dan Nasionalisme; Generasi Muda sebagai Landasan Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3 SE-Articles), 62–72. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.306

Azizah, A., Rizal, R., Yudtika, A., & Sitepu, M. (2022). Teacher Creativity Relationship with Interest Students Learning at SD Inpres Lolu During Pandemic. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2 SE-Articles). https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2232

Elam, K. (2002). The Semiotics of Theatre and Drama (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203426074

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1 SE-Articles), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Fischer-Lichte, E. (1992). The Semiotics of Theater (J. Gaines & D. L. Jones (penerj.)). Indiana University Press.

Husnah, D. H., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF LEARNING MEDIA ON MI STUDENTS ’ INTEREST IN LEARNING IN TANJUNG PURA. 11(3), 507–516.

Irwandi, I., Saraswati, A., & Dewi, E. K. (2024). Penciptaan Produk Eksklusif Melalui Aplikasi Material dan Tekstur Pada Karya Fotograf. Panggung, 34(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v34i2.3514

Ismurdyahwati, I., & Retnani Srinarwati, D. (2024). Wayang Kulit ‘Gara-Gara’ Pergelaran Bayangan: Materi Pendidikan Karakter Melalui Cara Baca Bahasa Rupa. Panggung, 34(4), 551–564. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i4.3575

Jufridar, A. (2015). 693 Km Jejak Gerilya Sudirman: Sebuah Novel. Noura Books.

Kumalasiwi, P. (2023). Analisis sikap mandiri dalam proses pembelajaran tema 4 hidup bersih dan sehat kelas II SD N Gajahmungkur 04. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 455–460. https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17344

Lestariawan, R. A., & Mintana, H. H. (2023). Pembuatan Karya Film Pendek “Tersesat” Menggunakan Teknik Penyutradaraan Dengan Gaya Realis. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 23–41.

Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Digitalisasi Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 17–29. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i1.62

Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1293

Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK WATAK KUAT-POSITIF. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1 SE-), 429–437. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6811

Margana. (2014). Wayang Beber Sebagai Materi Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 156–164.

Mutiah, D. (2015, Februari 18). Sejarah Cheng Ho Pada Sehelai Kain. Media Indonesia.com. https://mediaindonesia.com/humaniora/624/sejarah-cheng-ho-pada-sehelai-kain

Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). PEMBELAJARAN DRAMA MONOLOG DENGAN CERITA LEGENDA DANAU TOBA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SD INPRES TUBUHU’E, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(1), 79–89. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i1.1715

Nur Rizky, J. H. F., Putri A, M., Umami, M., Zaimatussa’diyah, & Zulfikar, M. F. (2024). KONSEP ALIH WAHANA CERPEN KE NASKAH DRAMA: KAJIAN PUSTAKA. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2 SE-Articles), 157–170. https://doi.org/10.30739/peneroka.v4i2.2978

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Nurhasanah, E. (2022). Kajian Alih Wahana Cerita “Kedai Kopi Odyssey” Karya Leopold A. Surya Indrawan menjadi Naskah Drama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 175–194. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.355

Nurhayati, D. A. W. (2022). Pendampingan Pelestarian Kearifan Lokal Reog Kendang: Upaya Pendidikan Karakter dan Ketrampilan Seni pada Siswa Sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo Tulungagung. JESS: JURNAL EDUCATION SOCIAL SCIENCE, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21274/jess.v1i1.5353

Octavia, M., Dewi, R., & Musik, J. P. (2022). Penggarapan Ulang Ilustrasi Musik Film “Jendela” Karya Randi Pratama. 23(1), 51–61. https://youtu.be/SNR3XEZx

Prabandari, A. S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1 SE-Articles), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.586

Prasetya, H. B., Haryanto, H., Intarti, R. D., Putra, I. K. N., & Ignaningratu, F. (2023). Wayang Beber Priangan: Alih Wahana Cerita Lutung Kasarung ke dalam Wayang Beber. Panggung, 33(1 SE-Articles), 14–27. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.2473

Prasetya, S. S. A. (2020). MildSpot 2020. https://www.mldspot.com/inspiring-communities/wayang-beber-metropolitan- tanggap-wayang-secara-kekinian

Rahardjo, F. R. S. (2022). Pertunjukan Wayang Beber Kontemporer untuk Anak-Anak Kader Pusaka Indonesia Gemah Ripah, Jakarta - Banten. Journal of Community Services: Sustainability & Empowerment, 03(01), 6–17. https://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JCSSE/article/view/345

Rahmawati, N. S., & Trihantoyo, S. (2021). Strategi Humas dalam meningkatkan pemasaran sekolah menengah kejuruan dimasa pandemi covid-19 melalui network marketing. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 532–550. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39901/34795

Renaldy, R. A. (2022). PEMERANAN TOKOH TRISNO DALAM PERTUNJUKAN NASKAH TITIK-TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN. Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 1(01), 29–40. https://doi.org/10.22437/jpps.v1i01.20934

Riantiarno, N. (2011). Kitab Teater Tanya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Gramedia Widyasarana Indonesia.

Rizal, R. (2021). PERAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PERANG GRILIYA (Studi Historis Masa Agresi Militer Belanda II Tahun 1948-1949 Di Jawa Tengah). Danadyaksa Historica, 1(1), 12. https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3593

Rosmawati, I. (2022). MENGKAJI FEMINISME DALAM NASKAH DRAMA MONOLOG DONGENG MARSINAH KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 15–22. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.80

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di SD. Eduscience Journal, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89

Sahid, N. (2017). Sosiologi Teater; Teori dan Penerapannya,. Gigih Pustaka Mandiri.

Sahid, N. (2019). Semiotika Untuk Teater, Tari, Wayang Purwa dan Film. Pustaka Pelajar.

Sahid, N., & Junaedi, J. (2022). The Relevance Of The Meaning Of Four Children’s Dramas Based On Nusantara Dongeng Stories For The Current Generation. Mudra Jurnal Seni Budaya, 37(1 SE-Articles), 13–23. https://doi.org/10.31091/mudra.v37i1.1685

Sahid, N., Nalan, A. S., Yudiaryani, Iswantara, N., Junaidi, & Fernando, H. (2024). Meanings behind community resistance in the play Leng and their cultural relevance: a theater-semiotics analysis. Cogent Arts & Humanities, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2373568

Sahid, N., Sukistono, D., & Arisona, N. (2024). Alih Wahana Peristiwa Perjuangan Jendral Sudirman Ke Format Pertunjukan Wayang Beber Kontemporer Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa SD. Penelitian Skema Terapan Dibiayai Direktorat Riset Tekonologoi dan Pengabdian Pemasyarakat, Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Sandria, A., Asy’ari, H., & Siti Fatimah, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849

Sari, D. U., Haidar, I., & Indrawati, W. O. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Lingkaran Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1450

Soemanto, B. (2002). Godot di Amerika dan Indonesia, Suatu Studi Banding. Grasindo.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android . Teknomatika, 9(02 SE-Articles). https://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/467

Tika, A. R. (2023). Mengakar pada Budi: Kreativitas Aka Bodi Theatre di Kota Medan. Jurnal Prabung Seni Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan, 02(01), 1–9.

Westi, V. (2015). Jendral Sudirman.

Wu, G. (2011). Komik Pahlawan Indonesia - Jenderal Sudirman 1916-1950. Widya Buana Buku.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Sahid, N., Sukistono, D., Arisona, N., Lephen, P., Farid Sathotho, S., & Wibono, J. C. (2025). Penciptaan Wayang Beber Kontemporer Sang Jendral dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter. Panggung, 35(1), 1–24. https://doi.org/10.26742/panggung.v35i1.3753

Citation Check