Budaya Tradisi Sebagai Identitas dan Basis Pengembangan Keramik Sitiwangun di Kabupaten Cirebon
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sentra kerajinan keramik Sitiwinangun di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon yang produknya saat ini semakin menurun baik secara kualitas maupun kuantitas. Keadaan ini merupakan hal yang ironis mengingat sentra tersebut memiliki potensi sumber daya alam, manusia dan budaya yang cukup kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk kerajinan keramik Sitiwinangun melalui pemanfaatan budaya tradisi lokal sebagai penguatan identitas dan basis pengembangan produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan budaya dan estetika melalui teori morfologi estetik dan metode ATUMICS dengan tahapan identifikasi, analisis, pengembangan desain, aplikasi desain dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini berupa produk keramik yang lebih modern dalam bentuk karya seni, hias dan fungsi dengan identitas budaya tradisi lokal Cirebon. Budaya tradisi dalam konteks konservasi dan revitalisasi kerajinan keramik secara umum dapat menjadi alternatif sebagai basis pengembangan dan penguatan identitas lokal produknya.
Kata kunci : budaya, cirebon,keramik, sitiwinangun, tradisi.
Full Text:
PDF DOWNLOADReferences
Daftar Pustaka
Basyari, Iin W. (2013). Menanamkan Identitas
Kebangsaan Melalui Pendidikan
Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal.
Edunomic., 1 (2), 112-118.
Bratamenggala, Ratija. 2016. Rencana
Pembangunan Jangka Menengah
(RPJM) Desa Sitiwinangun Kecamatan
Jamblang Kabupaten Cirebon Tahun
-2021. Cirebon: Desa Sitiwinangun.
Chamidah, Nurul. (2019). Peranan Pentahelix
Pemangku Kepentingan Pariwisata
dalam Pengembangan Desa Wisata di
Kabupaten Cirebon. Disertasi Doktor
Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Dinartisti, Paulina. (2013). Mati Surinya
Gerabah Sitiwinangun. Dalam I.P.
Sidhi,
I.W. Burhan, R. Kustiasih, Saptono, Hariadi
(Ed.), Warisan Budaya Wangsa Derbon-
Dermayu. Jakarta: Bentara Budaya.
Direktorat Jenderal Industri Kecil dan
Menengah. 2014. Profil Investasi IKM
Gerabah dan Keramik Hias Industri
Kecil yang Mampu Bertahan dalam
Krisis Ekonomi Global. Jakarta:
Kementerian Perindusrtian.
Faizkasmy. 2016. Batik Keraton Cirebon #1-
Wadasan. Retrivied Desember 1, 2019,
from https ://kepulauanbatik.com
Frank dan Hamer, Janet. 1986. The Potters
Dictionary of Materials and Techniques.
New York: A & C Black.
Haryati. (2013). Televisi Lokal dalam
Representasi Identitas Budaya.
Observasi, 11 (1), 1-22.
Irfan, Darsono, SP. Gustami, Guntur. (2019).
Keramik Takalar 1981-2010: Ragam
Bentuk dan Perubahan. Panggung, 29
(1), 72-87.
Laili, Khomisatul. (2007). Pengaruh Terapan
Islam terhadap Gerabah Tradisional Desa Sitiwinangun Cirebon. Skripsi,
ITB: Bandung.
Maran, Rafael Raga. (2000). Manusia &
Kebudayaan Dalam Persfektif Ilmu
Budaya Dasar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Munro, Thomas. (1970). Form and Style In
The Arts: An Introduction To Aesthetic
Morphology,
Ohio: Press of Case Western Reserve
University.
Nugraha, Adhi. (2012). Transforming
Tradition A Methode for Maintaining
Tradition in a Craft
and Design Contex. Finlandia: Alto
University.
Rhodes, Daniel. (2000). Clay and Glazes for
The Potter. Iola : Krause Publications.
Riyanto, Hendrawan. (2000). Seni Terakota
Indonesia Kini. Dalam Sugondo, S.,
S.C.
Wibisono, Heriyanti O. Untoro, Wiwin Djuwita
Ramelan, Wiyoso Yudoseputo, E.S.
Hardiati (Ed.), 3000 Tahun Terakota
Indonesia, Jejak Tanah dan Api. Jakarta:
Museum Nasional Indonesia.
Sriwardani, Nani, dkk. (2014). Standardisasi
Desain Bentuk dan Ukuran Keramik
Hias Plered untuk Elemen Interior.
Prosiding Seminar Nasional Nilai dan
Makna Seni : Tradisional, Industri
Kreatif dan Budaya Urban di Era
Globalisasi, Bandung : 19 20 Maret
Hal. 69 74.
Sudiati, N. (2012). Keramik Singkawang
Kalimantan Barat, Kajian aspek
Estetika.
Disertasi Doktor Universitas Gajah Mada,
Yogyakarta.
Sukria Fimahatmadja. (2005). Proses
Perwujudan Karya Seni Rupa dalam
Membangun Relasi
Antar Individu dengan Kasus Karya Gerabah
Tradisi di Beberapa Daerah di Pulau
Jawa. Disertasi Doktor ITB, Bandung.
Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung:
ITB.
Wagiono. (2009). Tinjauan Kritis Peran
Pendidikan Tinggi Seni Dalam
Pengembangan Industri Kreatif di
Indonesia. Panggung, 20 (3), 295-304.
Yana, Deni. (2014). Potensi Kerajinan Keramik
dalam Seni Tradisi Pertunjukan
Indonesia. Panggung, 24 (4), 351-363.
---------------. (2014). Analisis Selera Estetik
Konsumen Lokal pada Produk
Kerajinan Keramik Hias
Plered Kabupaten Purwakarta. Prosiding
Seminar Nasional Nilai dan Makna
Seni : Tradisional, Industri Kreatif
dan Budaya Urban di Era Globalisasi,
Bandung : 19 20 Maret 2015. Hal. 186
190.
---------------. (2017). Budaya Gerabah sebagai
Media Penyebaran Islam di Jawa
Barat. Prosiding 1st Asia International
Confrence of Art & Design, Bandung :
Oktober 2017. Hal. 234- 238.
---------------. (2019). Transformasi Estetik
Patung Keramik Tradisional sebagai
Penguatan Desa Wisata Gerabah
Sitiwinangun di Kabupaten Cirebon.
Laporan Penelitian DIPA Institut Seni
Budaya Indonesia (ISBI) Bandung:
Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i2.1045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021