Revitalisasi Ragam Hias Batik Keraton Cirebon dalam Desain Baru Kreatif

Komarudin Kudiya, Setiawan Sabana, Agus Sachari

Abstract


ABSTRACT

 

Respecting traditions of the nation, which is preserving a batik tradition. Cirebon is the region that has a rich cultural treasures batik varied. Given its development, with a variety of Cirebon Kraton, Kraton Batik Cirebon products nowadays have more characteristics, e.g.: (1) Kasepuhan Kraton on Singa Barong’s ornament; (2) Kanoman Kraton on Paksi Naga Liman’s ornament; (3) Kacirebonan Kraton on Bintulu’s ornament and (4) Kaprabonan on Dalung’s ornament and motif without pictures of animals.

This research needs to exploring, discovering, and formulating design elements (ornament, mate- rial, and color). This study used ethnographic method and experimental visuals method for ornaments on Kraton Batik Kasepuhan, Kanoman, Kaprabonan, and Kacirebonan based on historical cultural influences from Hinduism, Islam, China, and Europe.

As long batik owned by all Cirebon Kraton which is available during this condition can not be iden- tified and their physical condition is damage. Thus in order to preserving the old batiks, it is necessary to reproduce a creative new batik designs with any dimensional aspects.

 

Keywords: Revitalization, Kraton Batik Cirebon, Creative,

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Dalam kerangka menghargai tradisi suatu bangsa, yaitu melestarikan sebuah tradisi di an- taranya berkarya batik, yang merupakan warisan budaya Indonesia. Cirebon adalah wilayah yang memiliki kekayaan khasanah budaya batik yang variatif, baik yang masih tetap ada hing- ga kini, maupun yang sudah punah. Mengingat di dalam perkembangannya, Keraton Cirebon dengan aneka produk Batik Keraton Cirebon kini terbagi dalam tiga keraton dan satu peguron yang mempunyai ciri khas, antara lain: (1) Keraton Kasepuhan pada ragam hias Singa Barong; (2) Keraton Kanoman pada ragam hias Paksi Naga Liman; (3) Keraton Kacirebonan pada ra- gam hias Bintulu; (4) Peguron Kaprabonan pada ragam hias Dalung dan motif tanpa gambar hewan.

Perlu dilakukan penelitian untuk menggali, menemukan, dan memformulasikan khusus- nya unsur teraga (ragam hias termasuk di dalamnya corak, bahan, dan warna). Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan eksperimen visual terhadap ragam hias Batik Keraton Kasepuhan, Kanoman, Keprabonan, dan Kacirebonan yang berlandaskan pada kesejarahan mulai dari pengaruh budaya Hindu, Islam, Cina, dan Eropa.

Adapun batik-batik lama yang dimiliki oleh seluruh Keraton Cirebon yang ada selama ini kondisinya tidak bisa dikenali secara umum dan kondisi fisiknya sudah rapuh menuju kondisi rusak. Dengan demikian guna menjaga kelestarian batik-batik lama tersebut maka diperlukan penelitian agar bisa dibuat reproduksinya menjadi desain batik baru kreatif.

 

Kata kunci: Revitalisasi, Batik Keraton Cirebon, Kreatif,


Full Text:

PDF

References


A. Sachari

Pengantar Metodologi Penelitian Bu daya Rupa, Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya, cetakan I. Bandung: Penerbit Erlangga

Hasanudin

Batik Pesisiran: Melacak Pengaruh E- tos Dagang Santri pada Ragam Hias Batik, Cetakan I. Bandung : PT Kib- lat Buku Utama

HR. B. Irianto dan H. Hendriyana

Makna Simbolik Motif Batik Keraton Cirebon, Cetakan I, Gramedia Pusta- ka Utama

Laretna T. Adhisakti

Draft Program Pelestarian Kawasan

Pusaka.

---------------,

Revitalisasi Kawasan Pusaka di Ber- bagai Belahan Bumi, Harian Kom- pas, Minggu, 13November 2005.

Lundvall

‘Product innovation and user-producer interaction, industrial development’, Research Series 31, Aalborg: Aal- borg University Press

Muhammad Danisworo/ Widjaja Martokusumo

Revitalisasi Kawasan Kota Sebuah Catatan dalam Pengembangan dan Pemanfaatan Kawasan Kota

Spradley, J. P.

Metode Etnografi, Terjemahan, edisi II cetakan ke-1. Yogyakarta: Tiara Wacana

T. R. Rohidi

Metodologi Penelitian Seni, Cetakan

Semarang: Cipta Prima Nusantara

W. Yudoseputro

Historiografi Seni Indonesia, Sebuah Pemikiran Terwujudnya Sejarah Seni Rupa Indonesia, cetakan I. Bandung: Penerbit ITB

webtografi:

http://Hasanmudzakir.mhs.upnyk.ac.id/.../

revitalisasi-kawasan




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v24i2.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021